Welcome to my blog, hope you enjoy reading
RSS

Sabtu, 21 November 2009

All Tentang Hockey

hockeyGimanaaaa...tertarik ama olahraga yang satu ini kan? Emang sih, di Indo masih terbilang minoritas, karna gak banyak yang konsen menekuninya. Tapi, kalo kita konsen ama olahraga yang satu ini, waaah, bisa melalang buana ke manca negara loh. Ok deh, sebelum melalang buana ke berbagai megara, yuuk kita simak keunikan olahraga ini dan apa saja perlengkapan serta aturan mainnya.

Hockey di Indonesia

Hockey yang sudah berkembang adalah Field Hockey yang dimainkan di lapangan rumput. Menurut Pak Herry Moestamar yang juga mantan atlit nasional selama 10 tahun yang lalu ini, Hockey sudah ada di Indonesia sejak zaman penjajahan Belanda. Meskipun Hockey dikembangkan di Inggris, namun tentara-tentara Belanda juga memainkannya. Dari situlah Olahraga ini dikenal oleh orang Indonesia.

Hockey adalah cabang olahraga internasional. Olahraga ini mulai berkembang pesat di Bandung, di sana tumbuh banyak club, lalu merembet ke arah Timur, ke Jakarta dan ke Surabaya. Olahraga ini akhirnya juga berkembang di Medan. Bahkan di Surabaya yang mengembangkannya, kebanyak orang-orang keturunan India. Hockey sudah menjadi olahraga nasional sejak tahun 1960-an dan di tahun-tahun berikutnya resmi menjadi cabang olahraga prestasi di PON.

Saat ini, kepengurusan olahraga Hockey pusat memang sedang terjadi kevakuman. Namun kegiatan di daerah-daerah tetap akrif, seperti akhir bulan nanti akan bertanding mahasiswa-wahasiswa se-Indonesia di ITB, dalam kejurnas Hockey Indoor. Pak Herry juga menyatakan kalo olahraga ini masih tergolong mahal karena peralatannya yang diimport dari luar negeri.

Untuk bisa serius bermain hockey dibutuhkan sekitar biaya 1 jutaan, supaya bisa mendapatkan perlengkapan standartnya (sudah termasuk Stick dan sepatunya). Namun bisanya, klub-klub hockey menyediakan stick yang bisa dipinjam, untuk pemain pemula.

Keunikan Hockey

Kalo diperhatikan dengan seksama, olahraga Field Hockey ini seperti wujud dari perpaduan sepak bola dengan Golf. Tapi memang banyak perbedaannya sih. Namun kesamaannya juga ada. Contohnya, sama-sama memakai stick dan bola yang berbahan dasar sama dengan bola golf, yaitu komposit, campuran fiberglass dan elemen elemen kayu, hanya saja lebih besar, sebesar bola tennis.

Kalo kesamaan dengan sepak bola adalah, jumlah pemain dan beberapa peraturan permainannya. Misal ada hukuman kartu, ada kartu kuning dan merah, tetapi ada juga kartu hijau. Oke, berikut sekilas perlengkapan yang harus dipakai dan dimiliki dalam hockey serta peraturan yang harus dilakukan dalam permainan.

Perlengkapan

Ada beberapa perlengkapan standart yang wajib digunakan untuk bermain Field Hockey. Tanpa alat ini udah pasti kita nggak bisa main. Bagi pemain inti atau 10 orang pemain utama harus punya :

hockey

1. Sepatu Hockey (dengan sol ato telapak khusus)

2. Stick Hockey (terbuat dari komposit (campuran fiber glass dan kayu)

3. Kaus kaki untuk bermain bola dan leg guard (pelindung kaki)

4. Baju olahraga lengkap (celana dan kaos)

Bagi Goal Keeper (Penjaga gawang)

1. Sepatu Hockey (dengan sol ato telapak khusus)

2. Stick Hockey

3. Pakaian olah raga lengkap

4. Body Protector lengkap, dari tangan, badan, hingga kaki. Selain bahan keras pelindung tubuh juga dilengkapi busa. (gunanya melindungi tubuh dari bola)

5. Helm khusus hockey, yang melindungi seluruh bagian kepala termasuk wajah.

Cara Main dan Peraturan

Cara mainnya sih sederhana, hanya melakukan dribel (menggiring bola), passing (melambungkan bola ke rekan 1 tim) dan shoot (melakukan tembakan ke gawang lawan). Permainan ini mirip dengan soccer (sepak bola) hanya saja peraturannya itu bola dilarang menyentuh kaki.

Permainan hockey menurut FIH (Federasi Internasional Hockey) yaitu dibagi dua babak dan setiap babaknya 35 menit. Kemenangan ditentukan dengan jumlah gol yang dimasukkan oleh setiap tim ke gawang lawan. Untuk kartu pelanggaran, ada 3 kartu yaitu hijau (peringatan pertama), kuning (peringatan yang disertai skorsing istirahat beberapa menit bagi pemain yang melanggar) dan merah (dikeluarkan dari pertandingan).

Namun dalam Hockey tidak ada akumulasi kartu, seperti dalam sepak bola. Untuk melakukan shoot, harus dilakukan dalam garis tembak, nggak boleh seenaknya menembak bola ke gawang. Sedangkan peraturan offside juga diberlakukan dalam hckey, sama seperti soccer, pemain dikenakan offside jika mendahului bola dan pemain lawan sambil mendekati gawang lawannya.

Naaah, kalo kamu serius pengen terjun ke olahraga ini, bisa baca pengalaman dari Saiful Tulus Jatmika sebagai atlit kejuaraan nasional Hockey. Dan kunci gimana caranya jadi atlit yang bisa memborong kejuaraan di bidang ini.

0 komentar:

Posting Komentar