Welcome to my blog, hope you enjoy reading
RSS

Sabtu, 21 November 2009

Olahraga Asli Mesir

hockeySalam Olah Raga Guys, gimana masih tetep bergaya hidup sehat kan? Nah, sekarang saya kasi kamu pembahasan olahraga baru lagi neh. Namanya Hockey, hemmm pasti belum banyak yang tau kan gimana olahraga ini?

So, untuk itu langsung terjun ke lapangan untuk menemui Drs. H. Herry Moestamar selaku Ketua Umum Ikatan Hockey Surabaya dan Saiful Tulus Jatmika Atlit Nasional kelahiran Makassar 20 agustus 1987. Meski tergolong olahraga yang masih minoritas penggemarnya di Indonesia, tapi olahraga ini cukup menantang lho. Ni dia penjelasannya....

Hockey adalah olahraga bersama ato keluarga yang terdiri atas dua tim yang bertarung satu sama lain, dengan mengadu teknik manuver bola ke gawang lawan dengan hockey Stick. Permaian yang menarik ini bisa dimainkan oleh pria dan wanita yang tergabung dalam 11 orang dalam satu tim. Penentuan pemenangnya diperoleh dari tim mana yang memperoleh gol terbanyak. Ada beberapa Jenis hockey yang dimainkan di dunia, diantaranya adalah :

1. Field hockey (Hockey lapangan yang dimainkan oleh 11 orang, termasuk 1 penjaga gawang dari 2 tim. Hockey ini menggunakan lapangan rumput dengan luas lapangan 60 yard x 100 yard, ukuran gawang 7 fit x 4 yard ato 2,13 m x 3,66 m)

2. Ice hockey ( Hockey dalam ruangan yang dimainkan oleh 11 orang termasuk 1 penjaga gawang dari 2 tim dengan menggunakan lapangan es dengan luas lapangan 60 yard x 100 yard, Lebih banyak di benua Amerika dan Eropa)

3. Indoor hockey (Hockey dalam ruangan yang dimainkan oleh 6 orang, termasuk penjaga gawang dari 2 tim. Ukuran lapangan indoor hockey separuh dari field hockey. Dan lapangannya terbuat dari ubin ato beton yang dilapisi dengan ubin)

hockey

Nah, yang mau kita bahas lengkap kali ini adalah Field Hockey. Di Indonesia sendiri yang lebih memasyarakat adalah Field Hockey, meskipun Indoor, Hockey juga sudah mulai dikenalkan pada kalangan mahasiswa sekitar 3 tahun silam.

Para ahli sejarah menyebutkan, kalo permainan hoki itu berasal dari Persia, karena olahraga yang mirip dengan permainan yang dikenal sekarang itu udah dimainkan sekitar 4000 tahun yang lalu. Ukiran-ukiran pada gua di Beni Hassan di lembah Nill menggambarkan, berabad-abad yang lalu orang-orang Mesir bermain suatu permainan yang mirip hoki. Juga di Yunani sekitar 500 tahun sebelum Masehi. Jadi, ternyata ada di Mesir duluan.

Perkumpulan hoki pertama berdiri di Blackhealth, London tahun 1861. Baru tahun 1900 peraturan-peraturan mulai diseragamkan dan pada tahun 1908, hoki dipertandingkan dalam London games. Induk organsiasi Hoki Internasional terbentuk di Paris pada tahun 1924 dengan nama Federation Internationale de Hockey Surgazon , (FIH). Gimana, tertarik mau main Hockey? Yuk kita pelajari apa aja perlengkapan dan aturan permainannya.

0 komentar:

Posting Komentar